Breaking


Sabtu, 22 Desember 2018

Sri Mulyani Pastikan Penerimaan Negara dari Freeport Lebih Besar

Sri Mulyani Pastikan Penerimaan Negara dari Freeport Lebih Besar

PemainbandarQ

JAKARTA - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT Inalum (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI) kepada Inalum.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan otonomi terkait hal tersebut yang di mana nantinya negara akan mendapatkan penerimaan lebih besar lagi.
"Jadi, nantinya penerimaan dari sisi perpajakan dan penerimaan dari bukan pajak, termasuk royalti akan lebih besar untuk negara, dengan berapa pun harga cooper maupun emas," ujarnya di Jakarta, Jumat (21/12/2018) malam.Dia menjelaskan, untuk perpajakan Freeport itu mendapatkan pajak korporasi 25%. Itu lebih kecil dari yang di kontrak of work atau kontrak karya namun ini kemudian ini di sistem perpajakan tetap (nail down).
"Jadi kalau nanti kemudian ada perubahan UU PPh. Di mana PPh nya bisa turun mereka tetap bayar 25%. Dan lainnya PPN kita juga menggunakan nail down yang sekarang sehingga kalau nanti ada perubahan menjadi UU VAT yang menjadi GST atau yang lain mereka akan tetap. Pasalnya ini memberikan kepastian mereka utk tetap memberikan kewajiban penerimaan," tuturnya.

Dia menuturkan, royalti nantinya menggunakan yang sekarang ditetapkan. Sehingga mereka juga akan membayar sesuai dengan tarif yang saat ini. Di mana kalau nanti ada perubahan dari sisi tarif royalti mereka tetap kena nail down yang sekarang.
"Ini memberikan kepastian pada negara karena kami harus menghitung berdasar pasal 169 untuk menjamin kita mendapatkan pendapatan lebih tinggi . Dan untuk Freeport mereka bisa bekerja dengan kepastian kewajiban apa yang harus mereka bayarkan ke kita," ungkapnya.

Sebelumnya, menanggapi kesuksesan tersebut Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan oleh Indonesia dengan suksesnya proses divestasi ini. Salah satunya adalah akan semakin banyak investor yang datang.
Sebab menurutnya, Indonesia akan dinilai sebagai negara yang bersahabat bagi invetsor-investor asing. Pasalnya, selain mengikuti aturan sesuai Undang-Undang dalam mengelola pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) namun tetap bersahabat.
"Saya percaya sukses ini nanti akan bergema di seluruh dunia, sehingga banyak perusahaan internasional akan datang ke Indonesia untuk bekerjasama dengan perusahaan Indonesia," ujarnya dalam acara konferensi Pers di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta.

1 komentar:

  1. Halo Teman teman semua Yuk betting bola dan tim kesayangan kamu di BOLAVITA WA : +62812-2222-995

    BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014

    BalasHapus