Breaking


Kamis, 20 Desember 2018

Kereta Api Menggunakan Minyak Kelapa Sawit Sudah DiResmi Oleh Pemerintah

Related image
PEMAINBANDARQ


JAKARTA - Pemerintah telah menyelesaikan uji pengunaan solar yang dicampur dengan 20 persen biodiesel (B20) pada lokomotif kereta. Hasilnya, transportasi masal tersebut mampu menyerap B20.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM), Rida Mulyana mengatakan,‎ uji coba penggunaan B20 dilakukan dari beberapa aspek yaitu kualitas bahan bakar dilakukan Lemigas, kinerja mesin oleh Badan Pengkajian Pusat Teknologi (BPPT) dan komponen B20. Hasil uji coba tersebut memuaskan, lokomotif mampu menyerap dengan baik B20.

"Saya tidak kaget bahwa ini bagus. Kereta yang mesinnya lebih tahan banting rasa rasanya bisa menerima B20‎," kata Rida, di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Rida mengungkapkan, uji penggunaan B20 pada lokomotif ‎dilakukan sejak 10 Februari 2018 hingga 10 Agustus 2018. Ada dua jenis lokomotif yang diujicoba, yaitu Electro Moive Diesel (EMD) dan General Electric (GE).

Hasil uji coba pada lokomotif EMD, saat dicampur dengan B20 jauh lebih banyak menggunakan bahan bakar 1 sampai 4 persen, ketimbang‎ menggunakan solar tanpa campuran biodiesel. Sedangkan hasil uji coba pada lokomotif GE tidak ada perubahan.

Untuk hasil uji coba emisi pada lokomotif EMD dengan jenis mesin dua langkah atau dua tak,  tingkat emisinya tidak mengalami perubahan ketika menggunakan B20 dengan solar tanpa campuran.

Sedangkan untuk mesin lokomotif GE dengan jenis mesin empat tak, terjadi penurunan emisi Karbondiogsida (CO2) sebesar 20 persen-30 persen. Namun, di sisi lain peningkatan gas buang jenis Nox, dengan tingkat kenaikan sekitar 20 persen.

1 komentar:

  1. Halo Teman teman semua Yuk betting bola dan tim kesayangan kamu di BOLAVITA WA : +62812-2222-995

    BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014

    BalasHapus