Breaking


Rabu, 06 Februari 2019

PemainBandarQ : Seorang Mahasiswa UMP Meninggal Ketika Jalani Diksar, Karena Cuaca Ekstrim



PemainBandarQ Seorang mahasisa pecinta alam dari Universitas Muhammadiyah Palembang, Firdaus(19) meninggal dunia. Menurut info dari pihak panitia , Firdaus meninggal karena tidak tahan akibat cuaca ekstrem. 

"Faktor dari cuaca ekstrem dan kondisi alam, namun kita juga belum tahu kronologinya secara pasti. Karena ponsel panitia yang ikut serta mendaki juga masih belum aktif dikarenakan habis dari diksar," ucap Firli, Anggota Luar Biasa(ALB) Mapala Brimplas, ketika dihubungi oleh wartawan, Rabu(6/2). 

Firli menambahkan, kondisi kesehatan dari Firdaus turun drastis sebelum kehilangan kesadaran dan setelah itu baru diketahui oleh panitia, pada Senin Malam (4/2). Panitia yang ikut mendaki gunung langsung mencari bantuan dari warga setempat untuk membantu mengevakuasi korban. 

Sambil menunggu datangnya bantuan, panitia sudah melakukan pertolongan pertama dengan memberikan oksigen sebanyak 2 tabung. Karena tidak terlihat adanya perubahan, panitia langsung membawa korban ini ke kampung 4 agar mendapatkan penangganan. 

"Setelah sampai di kampung 4, korban ini langsung dibawa panitia menuju ke rumah sakit umum Basmah Pagaralam. Saat diperiksa oleh dokter di rumah sakit, korban ini dinyatakan sudah meninggal dunia," jelas Firli. 

Firdaus merupakan mahasiswa Fakultas Hukum yang baru menjalani masa kulaih, dan baru memasuki semester 2. Ada sebanyak 11 peserta yang ikut dalam pendidikan dasar (diksar) anggota baru Mapala Brimpals.

Bahkan, sebelum semua peserta Diksar mengikuti serangkaian agenda kegiatan di Gunung Dempo Pagaralam, korban dan 10 peserta lainnya sudah menjalankan serangkaian diksar awal saat di kampus. 

"Semua peserta yang ikut dalam kondisi yang sehat sebelum memulai kegiatan. Bahkan saat awal menjalankan diksar tidak terlihat adanya keluhan sakit apapun dari si korban. Ada seorang peserta perempuan yang ada penyakit asma, namun ketika dilakukan pelatihan tidak ada keluhan," ucapnya. 

"Diksar yang diikuti oleh 11 orang peserta dan 19 orang panitia ini berangkat dari kampus UMP menuju ke Gunung Dempo pada tanggal 25 Januari. Sebelum naik ke puncak, semua peserta dalam keadaan yang sehat dan baik," tutup Firli. 

Sebelumnya, Megian, Kepala Pos Pantau Gunung Dempo mengatakan bahwa ada seorang mahasiswa yang meninggal dunia saat mengikuti kegiatan diksar. Mahasiswa itu bernama Firdaus. 

"Benar, ada seorang mahasiswa UMP yang meninggal dunia. Korban meninggal dunia saat melakukan diksar mahasiswa pencinta alam," ucap Megian, selaku Kepala Pos Pantau Gunung Dempo Pagar Alam, saat dimintai keterangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar